Samsung SCH-W139 : GSM/CDMA, Fitur Biasa Saja

Samsung SCH-W139 : GSM/CDMA, Fitur Biasa Saja


Samsung SCH-W139

Selain dual jaringan, nyaris tak ada yang istimewa dari hape satu ini. Hadir tanpa kamera dan tampil dengan desain nan sederhana.

Peluang pasar handphone dual simcard berbeda jaringan di Tanah Air sebenarnya terbuka lebar. Nyaris hampir tidak ada handphone dual jaringan dari merek-merek global yang diproduksi apalagi di pasarkan di sini. Paling banter hanya merek-merek lokal yang notabene berasal dari pabrikan asal Cina. Nah, Samsung sangat pandai melihat peluang ini. Baru-baru ini pabrikan asal Korea Selatan ini meluncurkan satu handphone untuk dua jaringan tersebut yakni seri Samsung SCH-Wl39. Target pasar yang dibidik adalah pasar kelas bawah.

Desain
Mengandalkan desain tempo dulu yakni konsep candybar dengan jajaran keypad standar berupa alfanumerik membuatnya tampil sederhana. Keypadnya berukuran lebih dari 10 mm, hal ini akan membantu penggunanya dalam mengoperasikan tombol-tombol tersebut khususnya saat hendak berkirim SMS.

Dibandrol dengan harga Rp.650.000, handphone ini tak dibekali banyak slot atau port. Konsepnya mengusung single port yang berarti salome alias satu lobang rame-rame. Minusnya lagi, handphone ini menggunakan slot charging bawaan pabrikannya, tidak menggunakan slot umumnya berupa microUSB.

Fitur
Kalau ditelisik lebih dalam, handphone ini sebenarnya tampil pas-pasan dan ala kadarnya. Andalannya hanya slot dual simcard dua jaringan. Tidak ada kamera yang menurut kami sudah merupakan fitur wajib bagi sebuah handphone masa kini. Namun untuk hiburan, pabrikannya membenamkan seri SCH-W139 dengan dua fitur unggulan antara lain radio dan mobile player.

Fitur pemutar musiknya dibekali dengan menu shuffle on dan repeat mode. Suara yang keluar tergolong baik dan tidak sumbang apalagi cempreng. Artinya Anda tidak bisa memutar musik sambil menjalankan fitur lain, misalkan browser atau ber-SMS. Terkait dengan penyimpanan lagu, baiknya Anda menyimpan koleksi lagu di memori eksternal karena kapasitas memori internal hanya sebatas 9,23 MB.

Menurut pengamatan kami, secara umum kinerjanya cukup baik. Digunakan untuk bertelepon dengan dua jaringannya yang berbeda berjalan baik. Begitu pula untuk browser dengan fitur Brew-nya. Yang cukup menonjol adalah kinerja pemutar musiknya. Minus equalizer, namun suara yang dihasilkan tidak memalukan.

Nilai minusnya yang sangat disayangkan adalah penggunaan slot yang tidak umum baik untuk charging maupun headset. Slot yang dipakai adalah milik pabrikan Samsung sendiri. Alhasil kita mesti membawa charger tersendiri bila hendak bepergian, lantaran chargernya yang tidak umum tadi. Boleh dibilang ini sebuah kemunduran dari produk keluaran Samsung kali ini. Sementara kapasitas batere dan daya tahannya, handphone ini berbekal batere 1000 mAh, yang mampu bertahan hingga 4 hari dengan penggunaan fitur standar. Saat dilakukan uji coba dengan menjalankan fitur ala kadarnya selama seharian penuh. indikator hanya berkurang 1 bar.

0 comments :

Post a Comment