Xiaomi Redmi 1S, Review Dari Pengguna

Xiaomi Redmi 1S, Review Dari Pengguna


Vendor smartphone asal China, Xiaomi, pada Rabu (27-8-2014) telah meluncurkan smartphone Xiaomi Redmi 1S di Indonesia.

Smartphone Android ini menyasar pada segmen menengah kebawah namun telah menawarkan spesifikasi yang lebih baik dari rata-rata kompetitornya.

Xiaomi Redmi 1S

Untuk banderolan harga Rp1.5 juta, smartphone yang juga disebut Hongmi (bahasa Mandarin untuk "Nasi Merah") ini telah membawa prosesor Quad Core Snapdragon 400 1.6GHz, RAM 1GB, kapasitas memori internal 8GB, kamera 8MP, serta dua slot untuk SIM card.

Lalu apa saja komentar pengguna smartphone ini?

Bersih
Redmi 1S memiliki bentuk fisik yang simpel dan bersih. Tidak ada tombol fisik yang bisa ditemukan di bagian mukanya, kecuali deretan tiga soft button untuk navigasi yang menempati sisi bawah layar.

Bagian display IPS (4.7 inci, 1280 x 720) ini dilapisi kaca anti-gores Dragon Trail bikinan perusahaan Jepang, AGC. Meski belum sekondang Gorilla Glass dari Corning, pihak Xiaomi menjamin bahwa Dragon Trail sama baiknya dalam hal ketahanan terhadap goresan.

Bagian belakang Redmi 1S terbuat dari plastik matte bertesktur kesat. Di sini terdapat unit kamera 8MP beserta LED flash dan logo Xiaomi yang berbunyi "Mi".

Meski sekilas terlihat seolah memiliki desain unibody, cangkang belakang Redmi 1S sebenarnya bisa dilepas berikut dengan baterenya.

Xiaomi Redmi 1S

Redmi 1S terasa mantap di tangan ketika digenggam, terutama berkat bagian belakangnya yang kesat dan tidak licin itu. Hanya, bobotnya yang 158 gram sedikit memberi kesan berat untuk ukuran smartphone 4.7 inci.

Port untuk micro-USB Redmi yang berbentuk persegi panjang di 1S terlihat "tidak lazim" karena berbeda dengan konektor serupa pada ponsel lain yang umumnya berbentuk trapesium.

Xiaomi Redmi 1S

Namun, pemilik Redmi 1S tak perlu khawatir karena port tersebut sebenarnya adalah konektor micro-USB "Tipe A" yang kompatibel dengan konektor micro-USB "Tipe B" berbentuk trapesium.

Proses pengisian batere dan transfer data pun bisa dilakukan dengan kabel micro-USB yang selama ini beredar di pasaran Indonesia.

Tanpa "laci"

Kesan sederhana berlanjut ketika membuka sistem operasi Redmi 1S yang dilapis antarmuka MIUI 5.0.

Launcher ala Xiaomi ini terlihat ringan karena tidak disesaki aneka macam bloatware yang jamak ditemukan pada ponsel pabrikan lain.

Mungkin lantaran itu pula, Redmi 1S terasa gegas dalam percobaan singkat menjelajahi sistem operasi. MIUI 5.0 tidak memiliki App Drawer atau "laci" tempat menyimpan semua ikon aplikasi yang terpasang.

Xiaomi Redmi 1S

Semua ikon itu pun ditumpuk di layar homescreen sehingga lebih mudah diakses, meski dengan mengorbankan area layar yang terpakai untuk ikon.

Seperti biasa, homescreen juga bisa diimbuhi aneka macam widget dan folder untuk menyimpan ikon aplikasi agar lebih ringkas dan teratur.

Sistem operasi Redmi 1S sendiri masih menggunakan Android 4.3 Jelly Bean. Pihak Xiaomi menjanjikan bahwa OS ponsel ini bakal segera diperbarui menjadi Android 4.4 Kitkat, yang akan disalurkan berbarengan dengan updateantarmuka MIUI 6.0.

Tertarik? Redmi 1S rencananya akan mulai dijual lewat toko online Lazada pada 4 September mendatang.

0 comments :

Post a Comment