Inilah Smartphone Pertama di Dunia, Eksklusif Saat Internet Belum Ada

Inilah Smartphone Pertama di Dunia, Eksklusif Saat Internet Belum Ada


Bodinya sangat tebal, panjang dan layarnya mungil. Begitulah penjelasan bentuk smartphone pertama di dunia. Bernama IBM Simon adalah perangkat yang menyandang sebutan smartphone pertama tersebut.

IBM Simon
IBM Simon

IBM Simon bila diamati malah lebih mirip alat komunikasi radio walkie-talkie daripada sebuah telepon seluler. Smartphone ini dirilis pertama kali pada 16 Agustus 1994 dan hanya dijual di AS.

Simon tidak disebut smartphone pada zaman itu. Namun, fiturnya memiliki banyak kesamaan dengan smartphone saat ini.

Perangkat seberat setengah kilogram (500 gram) itu populer di kalangan pebisnis yang menginginkan telepon seluler sekaligus komputer mini.

Desain smartphone yang hanya diproduksi sebanyak 15.000 unit tersebut melampaui tren zamannya. Gadget itu punya kalender, bisa untuk mencatat, mengirim e-mail, serta pesan singkat. Semuanya digabungkan di dalam satu.

IBM Simon seperti sebongkah batu berwarna abu-abu. Smartphone itu punya pena stylus dan layar LCD hijau yang ukurannya serupa dengan iPhone 4.

Salah satu kelemahan IBM Simon adalah baterenya tidak dapat bertahan lama - hanya dapat dipakai satu jam. Dan harga IBM Simon sangat mahal yaitu USD899.

Saat itu tidak ada internet untuk ponsel. Jadi alat ini tidak terlalu sukses. Karena faktor tersebut, IBM Simon menghilang dari peredaran sekitar dua tahun sejak diluncurkan pada 1994.

Saat ini IBM Simon yang telah berumur 20 tahun "dipamerkan" di Museum Sains London.

0 comments :

Post a Comment