Faktor Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Solusinya

Faktor Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Solusinya


Tidak sedikit pemilik smartphone yang baru pertama kali menggunakannya merasa resah saat mengetahui bahwa perangkat mobilenya tiba-tiba terasa panas di bagian belakangnya. Tak pelak pengguna bertanya-tanya apakah ada kerusakan pada smartphonenya.

Faktor Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Solusinya

Sebenarnya panas yang biasa keluar dari smartphone dapat menunjukkan dua indikasi yang saling berlawanan. Di satu sisi itu menandakan bahwa smartphone Anda sedang berjalan dengan normal, tetapi disisi lain dapat juga menjadi indikasi adanya masalah pada smartphone tersebut.

Berikut ini bisa dijadikan rujukan untuk mengetahui mengapa smartphone cepat menjadi panas dan solusinya.

1. Pahami Kemampuan Smartphone
Seringkali kita memaksakan gadget smartphone untuk bekerja dengan sangat keras, bahkan terkadang sampai melebihi kemampuannya. Hal seperti inilah yang kemudian dapat membuat CPU akan beroperasi dengan sangat cepat sehingga membuat dia sendiri jadi panas.

Sebaiknya Anda pahami terlebih dulu seberapa besar kemampuan smartphone Anda serta jangan memaksanya untuk lebih bekerja keras. Sebaiknya kurangi juga pemakaian berbagai aplikasi berat seperti halnya game HD, GPS dan juga layanan streaming jika CPU serta RAM smartphone Anda sudah tidak kuat lagi dalam mengoprasikannya.

2. Jaga Kebersihan Smartphone
Debu bisa menjadi satu alasan mengapa smartphone Anda jadi cepat panas ketika dioperasikan. Hal tersebut dikarenakan adanya debu yang dapat menghambat suhu panas untuk dapat keluar dari smartphone.

Sebaiknya letakkan smartphone Anda di tempat yang bersih, tidak kotor untuk dapat menghindari debu-debu yang masuk. Bersihkan terlebih dulu saku, tas dan juga tempat lainnya sebelum Anda memasukkan smartphone agar smartphone tidak akan kemasukan debu. Disarankan juga untuk memakai cover pelindung dengan menggunakan bahan yang tidak dapat menyerap debu pada smartphone.

3. Hindarkan Smartphone dari Lingkungan yang tidak Kondusif
Selain karena faktor internal, ada juga faktor eksternal yang bisa menjadi penyebab smartphone Anda bisa cepat panas. Apabila suhu ruangan ataupun suhu di sekitar smartphone sedang panas, maka perangkat smartphone juga akan ikut panas.

Sebaiknya Anda mengurangi pemakaian smartphone pada area seperti ini supaya suhu yang dihasilkan oleh perangkat smartphone juga tidak semakin menjadi-jadi. Baru pada saat suhu sekitar sudah cukup kondusif, smartphone dapat Anda digunakan sesuka hati.

4. Jangan Lupa Menutup Aplikasi Smartphone
Kebanyakan para pengguna juga sering lupa untuk menutup aplikasi yang telah mereka buka. Padahal, hal seperti ini sebenarnya dapat membuat aplikasi itu tetap berjalan di dalam sistem smartphone dan juga membuat kerja CPU-nya menjadi semakin berat.

Sebaiknya Anda matikan aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan untuk dapat mengurangi beban CPU smartphone tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM yang sudah banyak beredar di berbagai application store.

5. Kurangi Akses Data Smartphone Saat Jaringan Bermasalah
Seringkali perangkat smartphone memanas pada saat sinyal seluler sedang memburuk. Apalagi bila sinyal buruk yang dipergunakan tersebut adalah untuk 3G, maka panas pada smartphone juga akan semakin terasa. Sebaiknya Anda matikan saja 3G pada saat sinyalnya sedang agak memburuk. Selain itu kurangi juga akses data seluler pada saat jaringan bermasalah.

6. Hindari Penggunaan Batere Smartphone yang tidak Baik
Penyebab terakhir yang mengakibatkan smartphone menjadi panas adalah karena adanya beberapa kerusakan pada komponen smartphone Anda. Salah satunya disebabkan oleh batere smartphone tersebut memang sudah dalam keadaan buruk. Hal seperti ini juga bisa terjadi dikarenakan penggunaan batere yang tidak resmi pada perangkat smartphone Anda.

Jika hal seperti ini terjadi, sebaiknya Anda segera mengganti batere yang sudah rusak tersebut dengan yang baru dan juga batere yang direkomendasikan oleh produsen. Hindari memakai batere yang murah karena bisa membahayakan keselamatan Anda dan sekaligus merusak smartphone.

0 comments :

Post a Comment