Tips Tangani Penipuan SMS Dari XL Axiata
Meski sudah berulang kali diperingatkan serta disosialisasikan oleh pemerintah dan juga operator, kasus penipuan via SMS masih saja banyak merajalela. SMS yang berisi materi penipuan itu pun masih saja santer berseliweran di masyarakat, yang tentunya ini membuat resah dan gerah para operator, yang merasa dirugikan namanya karena dicatut dalam kasus tersebut.
Melihat hal itu, XL Axiata sebagai salah satu operator dengan jumlah pelanggan yang besar di Indonesia, mencoba memberikan tips kepada pelanggan agar terhindar dari upaya penipuan tersebut. Operator seluler ini menghimbau pelanggannya untuk tidak langsung mempercayai pesan SMS tersebut.
"Kenyamanan pelanggan merupakan salah satu prioritas utama XL. Oleh karena itu XL berharap masyarakat semakin waspada dan tidak mudah terbujuk rayu dengan semakin maraknya modus penipuan via SMS," ujar Turina Farouk, Vice President Corporate Communication XL, Rabu (5/3/2014).
Untuk memastikan keamanan pelanggan ketika menerima SMS yang mengabarkan soal perolehan hadiah, XL menyarankan pelanggan untuk menempuh beberapa langkah berikut:
1. Melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian.
2. Cek kebenaran informasi tersebut secara langsung ke operator terkait melalui jalur resmi. Pelanggan bisa menghubungi 817, atau email customerservice@xl.co.id atau twitter @XLCare.
3. Melaporkan hal tersebut melalui SMS. Pelanggan bisa mengirimkan (forward) SMS penipuan tersebut ke 588, gratis.
4. Bersikap waspada dan hati-hati serta jangan mudah percaya.
5. Jangan tergiur dengan hadiah maupun iming-iming yang dijanjikan, dan jangan melakukan transfer uang.
Selain itu, XL pun menegaskan bahwa pengumuman pemenang atas program undian berhadiah yang resmi dari XL selalu dilakukan dengan tata cara sebagai berikut:
- Publikasi melalui media massa (koran, majalah, dll)
- XL akan menghubungi dan/atau menemui langsung pemenang yang bersangkutan untuk memberitahukan secara resmi.
- Seluruh program undian berhadiah yang digelar oleh maupun yang merupakan kerjasama eksklusif dengan pihak penyedia konten tidak pernah membebankan atau meminta pelanggan untuk membayar pajak undian atau pajak pemenang.
Selain mengirimkan SMS broadcast kepada pelanggan secara bertahap, XL juga menyatakan telah terus berkoordinasi dengan pihak berwajib untuk mengungkap pelaku penipuan dan penggunaan nama dan/atau atribut/logo tanpa izin pada website yang dipakai untuk penipuan.
0 comments :
Post a Comment