BlackBerry Bold Touch 9900 : BlackBerry Bold Yang Lebih Sempurna

BlackBerry Bold Touch 9900 : BlackBerry Bold Yang Lebih Sempurna


BlackBerry Bold Touch 9900

Kalau dilihat sepintas penampilannya mirip BlackBerry Bold 9000 yang dipadu dengan Bold 9780. Hanya saja, ia lebih tipis dan mempunyai layar sentuh.

Research ln Motion (RlM) terus menggeber produk baru. Setelah merilis smartphone full-touchscreen Torch 9860 yang belum sempat masuk secara resmi ke lndonesia, vendor asal Kanada itu sudah menelurkan produk yang lebih anyar lagi. Siapa dia? Ialah BlackBerry Bold Touch 9900.

BlackBerry Bold Touch 9900 bisa dibilang tipe penyempurnaan BlackBerry Bold. Di segi fisik, kombinasi Bold 9000 dan Bold 9780 begitu terasa. Tapi, untuk urusan performa, Bold 9900 yang dikenal juga dengan BlackBerry Dakota tentu di atas semuanya.

Desain
Saat pertama kali memegang BlackBerry Bold Touch 9900, jujur saja kami dibuatnya terpikat. Bukan apa-apa, Bold yang satu ini berhasil mengkombinasikan desain dua seri Bold sebelumnya, tipe 9000 (Bold) dan tipe 9780 (Onyx).

Layarnya sebesar 2.8 inci cukup leluasa. Keypad Qwerty pun dibuat lebih lebar, Iebih nyaman saat mengetik pesan. Selain tipis, bobotnya relatif ringan dengan 130 gram. la pun tampil semakin memikat dengan krom baja anti karat yang mengelilinginya. Melahirkan kesan kokoh, stylish, dan maskulin.

Yang paling membedakan Bold anyar ini adalah kehadiran layar sentuh. Bukan resistif, tetapi layar sentuh TFT capacitive dengan kedalaman 16 juta warna. Di sisi kanan, terdapat tombol pengatur volume +/- dan shutter kamera.

Sementara di sisi kiri ada port jack headset 3,5 mm dan miniUSB untuk mengisi ulang baterai dan transfer data. Di bagian atas hanya ada tombol Power, sedangkan sisi bawah polos. Bagian belakang terdapat kamera berkemampuan 5 MP beserta flash LED.

Fitur
BlackBerry Dakota ini adalah salah satu dari lima smartphone jagoan RIM yang berbasis OS BlackBerry 7, sistem operasi terbaru BlackBerry. Tak heran jika performa dan tampilan antarmukanya lebih baik dari OS BlackBerry sebelumnya.

Selain itu, ia juga menjadi produk BlackBerry pertama yang didukung NFC (Near Field Communicatrons), yakni fitur komunikasi jarak dekat. la dapat terhubung dengan perangkat lain yang mendukung NFC dan smart tag.

Selebihnya, fitur-fitur yang ada merupakan penyempurnaan dari seri Bold terdahulu. Pengguna bisa menangkap gambar dan merekam video berkualitas high definition (HD) 720p dengan kamera 5 megapiksel. Performanya dijamin tidak mengecewakan dengan prosesor 1,2GHz (dua kali lebih besar ketimbang Onyx ll) dan RAM 768 MB.

Secara menyeluruh, performa BlackBerry Dakota berjalan sangat baik. Tidak ada kendala berarti saat menguji kinerja telefoni dan lnternet. Layar sentuhnya menjadi andalan, sangat responsif. Dibantu dengan visual yang dalam dan tajam hingga 287 dpi {dots per inch). Kejernihan layar kian terasa saat menikmati foto dan video HD.

Kinerja prosesor dan memori berkapasitas besar berpengaruh cukup besar bagi BlackBerry Dakota. Pekerjaan multitasking, seperti browsing, mendengarkan musik sambil berbalas pesan BBM secara bersamaan, bisa ditangani dengan mudah. Push mail sebagai fitur unggulan BlackBerry semakin bersahabat, plus fitur jejaring sosial yang terintegrasi. BlackBerry Protect juga hadir untuk mengamankan data di dalamnya.

Untuk baterai, RIM membekali Dakota dengan Li-lon 1230 mAh. la bisa bersiaga dan aktif terjaga hingga 307 jam dan meladeni bicara nonstop sampai 5 jam 50 menit.

0 comments :

Post a Comment