Smartwatch, Lebih Baik Android Wear atau Tizen?

Smartwatch, Lebih Baik Android Wear atau Tizen?


Seperti biasa bila suatu produk inovasi muncul pasti tidak lama diikuti oleh perusahaan lainnya. Begitu pula pada perangkat smartwatch yang persaingannya saat ini semakin ketat.

Android Wear atau Tizen

Dari berbagai merek yang terbaru adalah vendor Korea Selatan, LG dan Samsung. Asus juga kabarnya sebentar lagi siap meluncurkan jam smartwatch pertamanya.

Saat ini pada produk smartwatch ada dua sistem operasi yang bisa dipilih, yaitu OS Android Wear milik Google dan OS Tizen yang dikembangkan oleh Samsung. Perangkat terbaru dari kedua platform tersebut adalah LG G Watch R dengan Android Wear dan Samsung Gear S yang memakai Tizen. Lalu mana yang lebih baik? Tizen atau Android Wear?

Apabila bimbang, berikut ini beberapa faktor yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih sebuah smartwatch.

Kompatibilitas
Sisem operasi Tizen berjalan pada beberapa produk jam tangan pintar milik Samsung. Di antaranya adalah Gear 2, Gear 2 Neo dan yang terakhir adalah Gear S. Jam tangan pintar tersebut pun bisa disinkronisasikan dengan beberapa produk smartphone Android Galaxy Milik Samsung.

Sementara itu untuk OS Android Wear menjanjikan lebih banyak kompatibilitas. Smartwatch dengan OS Android Wear bisa dihubungkan dengan berbagai jenis smartphone dari berbagai merek, asalkan smartphone tersebut memakai OS Android Jelly Bean 4.3 atau versi yang lebih tinggi.

Fungsional
Dari segi fungsionalitas, Tizen bisa digunakan secara mandiri tanpa harus terhubung dengan smartphone. Bahkan Samsung Gear S bisa dibuat untuk melakukan panggilan telepon, namun harus memakai aksesoris tambahan.

Hal ini tak bisa dilakukan oleh OS Android Wear. Sistem operasi milik Google tersebut hingga kini belum bisa dijalankan secara mandiri. Namun dengan banyaknya perusahaan yang mengadopsi sistem operasi ini, tak menutup kemungkinan kalau kelak Android Wear bakal bisa digunakan secara stand alone.

Bahasa Pemrograman
Dari segi bahasa pemrograman yang digunakan, semua aplikasi Tizen dibangun dengan HTML5. Sementara itu Android Wear dibangun dengan berbasiskan pada Java.

Konektivitas
Yang terakhir, kedua sistem operasi ini sama-sama menggunakan dukungan Bluetooth 4.0 untuk bisa terhubung dengan smartphone atau perangkat mobile lainnya.

0 comments :

Post a Comment