Tips Supaya Ponsel Android Anda Tidak Lemot

Tips Supaya Ponsel Android Anda Tidak Lemot


Smartphone baru tidak terlalu lama kadang sudah terasa nge'lag' atau lemot. Tanpa disadari itu bisa dikarenakan aktifitas browsing atau gaming yang menguras tenaga smartphone anda. Berikut 5 tips untuk mengatasinya.

Tips Supaya Ponsel Android Anda Tidak Lelet

1. Gunakan launcher yang tidak terlalu besar pada smartphone
Launcher adalah salah satu penyebab utama terhadap lambatnya kinerja sebuah smartphone android. Terlebih lagi apabila smartphone Android Anda hanya memiliki kapasitas RAM kurang dari 1GB. Hal ini terjadi karena launcher selalu bekerja terus menerus sehingga akan memakan banyak kapasitas RAM.

Oleh karena itu, agar smartphone Android selalu dalam performa terbaiknya, lebih baik Anda cukup menggunakan launcher yang berukuran tidak terlalu besar seperti kurang dari 10MB. Sehingga tampilan pada layar smartphone Anda bisa tetap menarik tapi tidak membebani performa.

2. Jangan terlalu banyak membuka aplikasi bersamaan pada smartphone
Banyaknya aplikasi yang dibuka atau digunakan dalam satu waktu juga bisa menjadi biang keladi di balik lambatnya kinerja smartphone android. Kadang para pengguna tanpa sadar membuka berbagai aplikasi pada smartphone namun tidak menutupnya dengan benar atau hanya menekan tombol back saja, padahal dengan melakukan cara seperti itu sebagian aplikasi tetap masih belum tertutup dengan sepenuhnya. Hal seperti ini membuat RAM smartphone android Anda terkuras sehingga tidak bisa mendukung aktivitas penggunanya, terlebih lagi apabila dipaksakan untuk multitasking.

Cara yang paling ampuh untuk bisa mengatasi masalah ini ialah dengan melakukan restart pada smartphone android atau Anda dapat mengu-nduh aplikasi RAM optimizer secara langsung dari Google Play Store.

3. Pastikan memori internal smartphone android tidak penuh
Lambatnya performa smartphone android juga bisa disebabkan oleh penuhnya internal memori. Internal memori smartphone yang penuh akan membuat smartphone android tidak bisa bekerja dengan optimal dan justru malah akan muncul notifikasi secara terus menerus untuk menghapus aplikasi supaya kapasitas penyimpanan di dalam internal memori tidak terlampau penuh.

Cara mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan cara melakukan rooting smartphone, sehingga nantinya aplikasi yang telah Anda un’duh di smartphone Android dapat disimpan dan kemudian dipindahkan ke dalam microSD. Tetapi langkah rooting sendiri mempunyai resiko berupa hangusnya garansi pabrik.

4. Selalu update software smartphone android
Software smartphone android yang tidak update juga dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan lambatnya loading sebuah perangkat smartphone android. Setiap software smartphone tentu mempunyai beberapa bug dan juga update software baik melalui OTA maupun via WiFi untuk dapat menghilangkan bug tersebut.

Untuk dapat menjaga agar smartphone Android Anda tetap dalam performa yang terbaik, maka sering-seringlah untuk mengecek update software pada menu pengaturan di smartphone android Anda.

5. Gunakan kartu microSD yang berkualitas untuk smartphone
Kualitas kartu microSD yang tidak baik juga dapat menyebabkan smartphone android memiliki kinerja yang lambat. Sebuah kartu MicroSD yang kualitasnya buruk biasanya akan membuat proses mengambil data seperti mengambil foto, musik dan file lainnya dari microSD untuk dapat ditampilkan ke smartphone akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal seperti inilah yang sering membuat smartphone android mengalami lag ketika pengguna membuka galeri, pemutar musik maupun loading lambat ketika booting di smartphone.

Untuk dapat mengatasi masalah ini sebaiknya Anda selalu memilih menggunakan kartu microSD dari merk yang sudah terkenal dengan kualitas yang baik. Anda juga dapat memilih kartu microSD dengan kualitas tinggi yang memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi.

0 comments :

Post a Comment