Apps Smartphone Yang Bisa Mengukur Tingkat Stres

Apps Smartphone Yang Bisa Mengukur Tingkat Stres


Banyak manfaat lain selain menelepon dari sebuah ponsel. Bisa untuk permainan, mengirim pesan, internet sampai mendengarkan musik dan nonton video. Bahkan kini ada aplikasi smartphone yang berguna untuk mengetahui tingkat stres seseorang.


Pada pertemuan International Society of Endocrinology and the Endocrine Society di Chicago, para peneliti mempresentasikan salah satu aplikasi dari telepon pintar tersebut. Dengan bantuan pipa sederhana, cairan saliva (air ludah), dan software terkini, Anda dan dokter dapat dengan mudah mengukur hormon kortison untuk mengetahui tingkat stres.

Mereka merancang sebuah metode di mana seseorang yang memiliki smartphone dapat mengukur hormon kortisol di cairan saliva mereka dengan cepat, mudah, dan murah.

Untuk mengikuti tes ini sangat mudah. Anda hanya membutuhkan sebuah sedotan dan sebuah lensa kamera. Karena hanya menggunakan alat-alat yang sederhana dan dimiliki banyak orang, maka pengujian hormon kortisol ini sangat murah dan mudah.

Untuk mengujinya, Anda hanya mengambil cairan saliva (air ludah) di bawah lidah dengan menggunakan sedotan dan taruh cairan tersebut pada sebuah strip pengujian kadar logam. Kemudian foto dengan bantuan lampu flash pada kamera ponsel pintar Anda. Dalam beberapa menit hasil analisis akan segera Anda ketahui.

Sistemnya sama seperti sebuah studio foto. Proses yang paling susah dan kompleks adalah ketika mengambil cairan saliva ke dalam strip kimia dan memasukkannya ke dalam aplikasi dari smartphone. Jadi, jika Anda memiliki smartphone dan perlengkapan tersebut, Anda akan mendapat hasil yang akurat tanpa harus menggunakan alat yang rumit dan teknisi yang andal.

Dengan adanya alat ini Ehrenkranz dan timnya berharap semua orang dapat mengetahui dan mengukur kadar hormon kortisol mereka setiap saat. Oleh karena itu tiap orang akan dengan mudah mengatur tingkat stres mereka. Terutama bagi mereka yang menunjukkan gejala depresi.

0 comments :

Post a Comment