Cara Menggunakan Google Now di Android Jelly Bean

Cara Menggunakan Google Now di Android Jelly Bean


Google Now hadir di Android Jelly Bean pada bulan Oktober tahun lalu. Ini adalah sebuah fitur baru dari Google Search yang menjadikan Anda sebagai bos dengan asisten serba tahu yang membantu Anda melalui handphone Android.

Cara Menggunakan Google Now di Android Jelly Bean

Tanpa Anda bertanya, Google Now akan memberikan informasi yang Anda perlukan. Sebagai contoh, Google Now memberikan informasi cuaca sebelum Anda memulai hari untuk beraktifitas. Google Now versi terbaru di Android 4.2 memberikan Anda kemampuan lebih melalui tampilan foto-foto populer yang ada di sekitar tempat Anda berada. Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai jadwal pemutaran film di bioskop dan hal-hal lain yang sebelumnya biasa Anda cari melalui Aplikasi Android.

Untuk mengaksesnya, Anda bisa tap pada ikon Google di homescreen ponsel Android yang Anda pakai. Di sejumlah perangkat, seperti Nexus 4, Anda bisa swipe-up dari bagian bawah screen untuk membuka Google Now. Selanjutnya Anda perlu mengucapkan kata “Google” dan mulailah pencarian dari hal-hal yang Anda butuhkan.

Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba bertanya hal-hal mudah seperti, “What will the weather be like tomorrow?” atau “When is Ali’s birthday?” atau “Call Ali.”

Jika Google mengalami kesulitan menerima nama yang Anda ucapkan, Anda bisa dengan mudah menambahkan informasi phonetic. Silakan buka nama contact yang tidak dimengerti Google, tap Menu > Edit lalu scroll ke bawah. Pilih "Add another field” lalu pilih ‘Phonetic name’. Dengan cara itu maka Anda bisa mengetikkan nama contact sesuai fonetiknya atau cara pengucapannya. Pilihan lainnya, Anda bisa menambahkan ‘Nickname’ di menu tersebut.

Agar Google Now bisa bekerja optimal, aplikasi ini memerlukan sejumlah data awal. Untuk itu Anda perlu memberikan data tersebut dengan cara mengaktifkan Web history. Anda bisa mengeceknya melalui history.google.com melalui browser saat Anda telah sign-in. Semakin sering Anda menggunakan berbagai layanan Google maka semakin pandai Google Now mengerti kebiasaan dan informasi yang Anda perlukan.

Sebagai tambahan, Anda bisa menghapus informasi yang disajikan Google Now, yang kebetulan tidak Anda perlukan. Caranya, tap Menu > Settings > Google Now, hanya pilih card yang Anda inginkan.

0 comments :

Post a Comment